Mudahnya Membuat Visa elektronik Turki


Dari pengalaman saya membuat visa berkunjung ke sebuah negara, baru di negara Turki-lah yang syarat pengajuannya paling mudah. Gak perlu pakai dokumen apapun, tinggal isi formulir, bayar dan jadi deh. Gampangkan?

Mungkin kemudahan masuk negara Turki ini membuat turis yang datang dari berbagai negara juga sangat banyak. Mmmm.. ;).

Turki adalah salah satu negara yang punya kerja sama dengan Indonesia. Warga negera Indonesia tidak dipersulit membuat VISA berkunjung ke Turki. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat visa ke Turki. Pertama, membuat secara elektronik dari Indonesia sebelum berangkat ke Turki. Kedua, membuat visa masuk Turki di bandara kedatangan dengan Visa On Arrival (VOA).

Dua cara ini bisa dilakukan dengan mudah, namun saya memilih membuat visa elektronik Turki dari Jakarta. Selain mudah, biayanya juga lebih murah. Bila membuat visa elektronik Turki biayanya 25 dolar as. Namun biaya pembuatan VOA Turki lebih mahal, yaitu 45 dolar as. Nah.. bisa berhemat kan :P

Untuk membuat visa elektronik Turki, kamu harus masuk ek websitenya, Klik ini untuk membuat visa elektronik Turki atau di sini https://www.evisa.gov.tr/en/.



Untuk pengajuan visa baru, klik new application. Lalu kamu harus masukkan negara dan tipe visa yang akan dibuat.

Setelah verifikasi data dengan memasukkan kode tertentu, kamu akan masuk ke halaman lain. Isi tanggal kedatangan di Turki. Visa akan berlaku mulai kamu datang ke Turki hingga 180 hari. Namun masa kunjungan maksimal di Turki hanya satu bulan alias 30 hari.



Kemudian dihalaman berikutnya, isi formulir.


Setelah formulir di isi, bisa dilanjutkan ke halaman berikutnya. Atau bila ingin menambah orang yang akan membuat visa, bisa klik add a new person. Penambahan orang ini bisa sampai 10.

Langkah berikutnya adalah membayar biaya visa Turki sebesar 25 dolar as dan biaya administrasinya 70 sen. Jadi total pembayaran 25,70 dolar as. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit keluaran VISA, Mastercard dan Union Pay.

Pembayaran selesai, kamu tunggu beberapa jam dan visa akan dikirim ke email. Nah setelah visa di sampai ke email kita, jangan lupa untuk diprint ya. Karena imigrasi Turki tidak menerima visa dalam bentuk scan di ponsel kita. Di imigrasi ketika masuk ke Turki, kertas Visa kita akan di cap juga seperti di paspor.


Nah..mudahkan?

Sudah siap untuk ke Turki?

happy Travelling

sari :)



Posting Komentar