Miniatur Raja Ampat di Pulau Sombori, Sulawesi



Sekilas foto di atas memang seperti di Pianemo, Raja Ampat. Tapi ini bukan di Raja Ampat, ini di Pulau Somboli, Sulawesi. Saat ini pulau Somboli memang belum sepopuler Pianemo, Raja Ampat. Namun ke depannya, tempat ini punya potensi juga untuk terkenal. Apalagi lebih dekat dari Jakarta dibandingkan Raja Ampat.



Menurut peta, pulau Somboli ini berada di Sulawesi Tengah, namun untuk menuju ke spot ini kita melalui Kendari, Sulawesi Tenggara. dari Kendari kita naik kapal dari pelabuhan ke pulau Labengki Kecil. Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Sombori. Dari pulau Labengki kecil ke pulau Sombori memakan waktu sekitar satu jam dengan kapal kayu.

Hari kedua perjalanan kami ke menjelajah pulau Sombori. Untung saja hujan dan angin yang mengguyur Pulau Labengki Kedil dan sekitarnya mulai mereda. Pagi-pagi sekitar pukul 8 pagi kami bersiap ke Sombori. Setelah sempat snorkeling di sekitar pulau Khayangan Sombori, lalu kami menuju bukit Khayangan. Pemandangan dari bukit Khayangan ini ada ikon nya Labengki dan Sombori. 



Kapal kayu melewati beberapa pulau karang kecil-kecil atau biasa juga di sebut atol. Atol-atol ini berdekatan dan laut diantaranya atol ini sangat jernih berwarna biru muda. 





Akhirnya kapal sampai juga di pintu masuk ke bukit Khayangan. Nah, kamu jangan bayangin tempat ini seperti Pianemo di Raja Ampat yang punya tangga untuk ke puncak. Karena belum terkenal dan belum dikelola baik oleh pemerintah setempat, untuk menuju ke puncak Khayangan harus naik bukit yang lumayan terjan dan berkatang. Nah loh.. tapi jangan takut, kamu hanya harus berhati-hati saja. Lagi pula kan ada guide yang akan memimpin kamu ke atas bukit Khayangan ini. Perahu tetap harus parkir di bawah ya. :)


Menanjak bukitnya gak terlalu tinggi kok, kalau cepat sekitar 5-10 menit sudah sampai. Kita harus melewati hutan-hutan di bukit Khayangan ini yang cukup rapat. Tapi untungnya, dahan pohonnya bisa dipakai untuk pegangan ketika naik ke atas. 


Bukit ini ada dua puncak, yang pertama masih dipertengahan dan yang kedua di atas puncak Khayangan. Untuk melihat pemandangan seperti di Pianemo Raja Ampat, kamu harus naik ke puncak bukit ini. Di atas puncak ada karang yang cukup besar, tempat kita berdiri untuk ambil foto. Hati-hati ya...











Waah.. seru yaa..., Nah untuk di puncak kedua, yang lebih rendah lagi pemandangannya juga gak kalah indah. Di sini juga ada batu karang tempat kita ambil foto.



Dari puncak kedua ini, kamu bisa mengambil foto perkampungan suku Bajo di pulau Sombori. Iya, mengambil foto ini harus pakai lensa tele. Soalnya lumayan jauh jaraknya :)

Gimana, pingin juga ngerasain juga Pianemo ala Sulawesi?

Happy Travelling

sarie :)
Posting Komentar