Bagaimana ke Pulau Labengki dan Pulau Sombori, Sulawesi



Setelah melihat foto-foto Labengki dan Simbori di Internet, kami tertarik juga untuk ke sana. Akhirnya Libur panjang waisak bulan Mei lalu, kami ke labengki dan Sombori. Supaya lebih murah, kami mengajak 2 orang kawan, jadi berempatlah ke Sulawesi. 

Pulau Labengki ada di Sulawesi Tengah. Untuk menuju ke pulau Sombori harus ke pulau Labengki dulu, jadi kami ambil penerbangan dari Jakarta ke Kendari. 

Kami sengaja ambil penerbangan dini hari ke Kendari, yaitu jam 3 pagi supaya punya banyak waktu untuk menjelajah Labengki. Penerbangan langsung Jakarta ke Kendari berjalan lancar dan sampai bandara Kendari jam 7.10 pagi waktu Indonesia tengah. Setelah menunggu sebentar, akhirnya mobil jemputan yang dijanjikan pak jupri, pemilik kapal yang kami sewa datang juga. Perjalanan kali ini ternyata bertambah satu orang, yaitu Eka, anak pak jupri yang baru lulus SMP.



Perjalanan dari dari Kendari dilanjutkan ke rumah pak Jupri, sekitar satu jam kemudian dilanjutkan dengan kapal kayu ke pulau Labengki kecil sekitar 4 jam. Sebenarnya dari Kendari ke pulau Labengki ada beberapa jalur alternatif. 

Dari Kendari ke pulau Labengki kecil dengan lama perjalanan sekitar 5-6 jam. Naik kapalnya dari pelabuhan Kendari. Katanya sih ada kapal ke Labengki, hanya jadwalnya gak tau. Sewa kapal dari Kendari ke Labengki juga mahal. Tergantung jenis kapalnya.

Selain itu juga dari Kendari ke desa Sawa, perjalanan darat sekitar 2 jam-an, dilanjutkan naik kapal. Perjalanan dari desa sawa ke pulau Labengki sekitar 2 hingga 3 jam. 

Saya pakai jasa pak Jupri untuk sewa kapalnya ke Labengki. untuk muatan 4-5 orang biayanya 3 juta selama 4 hari. Kapal kayu kecil tapi cepat jalannya. Namun kalau mau lebih lega, bisa sewa kapal besar dengan muatan 10-15 orang. Biayanya 4 juta untuk 4 hari. 

pulau Labengki Besar dari jauh

Cuaca yang baik ketika berangkat, mendadak mendung dan hujan selama perjalanan ke pulau Labengki kecil. Ombaknya besar dan kapal terombang-ambing. Kalau gak terbiasa, siap-siap aja muntah. hehehehe

Nah, untuk menuju pulau Labengki dan Sombori memang sebaiknya di saat musim kemarau, yaitu November hingga Maret. Air lautnya tenang, sehingga selama perjalanan bisa menikmati. 

mercusuar pulau Labengki kecil

Ciri khas pulau labengki kecil adalah mercusuar yang bisa kita lihat dari kejauhan. Mercusuar ini menyala kelap kelip di malam hari. Sangat membantu navigasi kapal saat gelap.

Pulau Labengki Kecil bersebelahan denagn pulau Labengki besar. Pulau Labengki Kecil inilah kita akan menginap. Pulau ini ditempati oleh suku bajo dan sebagian pendatang dari Buton dan Bugis. Di pulau Labengki  besar tidak ada perumahan penduduk. Namun ada resort kecil yang dibangun di sana.

Dermaga di pulau Labengki ini sangat pas buat duduk-duduk sambil menkmati pemandangan yang indah. Dari dermaga ini, pulau Labengki besar terlihat jelas.


rumah suku bajo
dermaga pulau Labengki kecil

Menginap di pulau Labengki kecil hanya ada di rumah penduduk. Sebagian rumah penduduk di pulau ini memang terbiasa untuk disewakan. Biayanya beragam antara 300 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah. Saya ambil rumah bercat hijau di bawah ini. Biaya Sewanya 400 ribu rupiah.

Makannya pun mereka sediakan. Biayanya 30 ribu rupiah satu kali makan. Lauknya tentu saja ikan setiap hari... hehehehe



 Selama di Labengki, kita bisa keliling ke sejumlah spot yang menarik. Dari Labengki ke Sombori juga dekat, sekitar satu jam naik kapal. Nah bila ingin menginap di Sombori, ada dua pilihan. Di rumah penduduk atau di balai desa. Namun di balai desa ini campur dengan pengunjung lain. Dengan membayar 20 ribu rupiah permalam, kita dikasih matras untuk tidur. hehehe.. seadanya saja. Selain itu di Sombori juga belum ada resort.

pulau Sombori

balai desa sombori beratap biru

tim Labengki-Sombori

selama Perjalanan dari Kendari ke Labengki dan Sombori jangan lupa lihat kanan kiri. Kadang banyak ikan duyung yang berenang-renang. Kami menemui ikan duyung dalam perjalanan dari Labengki ke Sombori. seruu deh

Ringkasan Trip Labengki-Sombori
1. Dari Jakarta ke Kendari 3 jam penerbangan langsung
2. Sewa mobil dari bandara kendari ke rumah pak Jupri, sewa kapal
3. dari rumah pak jupri ke Labengki kecil, bisa sewa kapal. Perjalanan sekitar 4 jam. Namun bisa dari tempat lain. Biaya sewa kapal 3-4 juta untuk 4 hari.
4. Menginap di pulau Labengki kecil, biaya sewa satu rumah 300 - 400 ribu rupiah permalam
5. Makan selama menginap, sekali makan 30 ribu rupiah perorang.
6. Biaya guide yang antar wisata di Labengki dan Sombori. tarifnya bervariasi, sekitar 100-150 ribu perhari.

Happy Travelling 

sari :)


Posting Komentar