Menikmati Senja Terindah di Batu Bolong, Lombok



Pura Batu olong bukan cuma ada di Bali. Di lombok, tepatnya dekat pantai Senggigi juga ada pura batu bolong. Kesamaannya dari tempat ini adalah, sama-sama jadi lokasi paling pas buat menikmati senja. Karena pura ini tepat menghadap matahari terbenam. :)


Lalu apa bedanya pura batu bolong di Bali dan di Lombok? di Bali, kita bisa lihat bentuk batunya yang bolong dengan jelas, bahkan dari kejauhan. Nah kalau di Lombok ini batu bolongnya kecil... hehehe dan hanya bisa dilihat bisa kita mendekati pura. Bentuknya seperti foto di bawah ini.



Awalnya kecewa, kok batunya yang bolong kecil banget. Namun setelah melihat pemandangan senja di pura ini, kekecewaan saya pudar.

Sore itu menjelang maghrib, kami tiba di pura batu bolong. Letak pura ini tak jauh dari pantai Senggigi. Bila dari arah Mataram, pura ini letaknya sebelum Senggigi.

Karena letak pintu masuk pura di pinggi jalan, jadi parkir mobilnya agak susah. Apalagi kalau parkiran sepanjang jalan penuh. Masuk ke pura ini sebenarnya gak bayar, karena pura masih digunakan sebagai tempat sembahyang umat Hindu. Namun kita diminta uang masuk sukarela, terserah berapa aja. Gak bayarpun juga gak apa-apa. Nah, uang yang kita berikan akan ditukar dengan selendang kecil yang menurut aturan mereka diikat di pinggang. Seperti orang Hindu yang mau sembahyang.


Kami ke pura batu bolong saat malam pergantian tahun. Ternyata suasananya sangat ramai. Umat Hindu banyak yang datang ke pura dan sembahyang, memohon nasib baik di tahun depan. Mereka ini juga banyak yang menginap di pendopo pura.



Senja hari terakhir ditahun 2016 ini sungguh indah. Meskipun agak mendung, matahari yang tenggelam memancarkan warha jingga dan ungu yang jarang saya jumpai.

Tanpa ba bi bu.. saya dan suami langsung pasang tripod dan kamera. Langitnya terlalu indah untuk diabaikan...








 Kami motret di pura batu bolong sampai langit benar-benar gelap dan warna jingga matahari tenggelam di batas cakrawala. Puas... dan senang.

Nah, kalau kamu ke Senggigi, Lombok, jangan lupa mampir ke pura batu bolong untuk sekedar menikmati indahnya senja.

Happy Travelling

Sari :)




Posting Komentar