Nusa Penida, indahnya pasih Uug (Broken Beach)




Nusa Penida, tampaknya belum banyak turis baik asing atau domestik yang mengunjungi pulau ini. Sebab dari kapal penyebrangan di Sanur, kebanyakan penumpangnya adalah penduduk asli Nusa Penida. Padahal Nusa Penida ini memiliki keindahan yang luar biasa. Dibandingkan Pulau Lembongan, Nusa penida memiliki banyak spot yang tak kalah menarik dan unik dengan pemandangan alam di Australia.
Bila melihat peta, Nusa penida ada di selatan Pulau Bali. Pulau ini berdekatan dengan pulau atau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Tapi yang lebih terkenal adalah Nusa Lembongan. Hal ini karena para guide atau pemandu wisata dari Sanur lebih menyarankan turis ke pulau Lembongan. Mereka mengatakan Nusa Penida gak ada yang dilihat. Padahal Spot wisata di Nusa Penida sangat banyak , indah dan gak kalah dengan pemandangan di sebelah utara Australia.
Gak percaya? hehehe yuk ke Nusa Penida. 

Dalam dua hari, saya gak bisa menjelajahi seluruh Nusa Penida. Karena sekeliling pulau ini  kaya dengan spot wisata, baik di laut maupun di darat. Hari pertama dihabiskan untuk snorkeling ke tiga lokasi. Hari kedua mengeliling bagian barat pulau Nusa Penida. 

Nah Ada apa aja di sebelah barat Nusa Penida?

1. Pasih Uug alias Broken Beach



Broken Beach atau pasih Uug ini sangat unik. Baru kali ini saya menemukan tebing dengan bolongan di tengahnya yang membentuk seperti gapura atau pintu masuk. Pasih Uug adalah bahasa Bali, artinya pantai yang rusak. Namun kenyataanya pantai ini sangat indah. Pemandangan tebing-tebing besar yang membentuk jurang ini sangat unik dan menarik.

Di Tengah lubang besar ini ada kolam yang airnya hijau dan jernih. Diameter lubang ini bisa mencapai ratusan kilometer. Melihat aslinya , Pasih Uug ini lebih indah.


Foto ini menggambarkan betapa besarnya tebing-tebing ini. Bila mengambil foto dari seberang, saya yang berada diatas bolongan tebing terlihat sangat kecil.



Foto diatas adalah lubang besar yang terbentuk dari tebing-tebing batu besar.



Cliff atau jurang jurang ini terbentang sampai jauh. Keindahan tebing dan jurang yang sangat dalam menambah keunikan pasih Uug atau Broken beach. Dekat tebing-tebing ini ada spot manta. Di sini kita bisa melihat banyak ikan manta berkeliaran hingga permukaan. Selain manta, juga banyak penyu kerseliweran di sini. Seru ya....

Broken beach ini mungkin sedikit mirip dengan Uluwatu. Namun tempat ini menurut saya lebih menarik. Selain tempat ini sepi, untuk masuk Pasih Uug pun masih gratis. Karena belum ada yang mengelola. Lokasi disekitarnya juga berupa perbukitan yang tenang.

Namun, menuju Broken Beach tidak mudah. Dari pusat kota dekat pantai, perjalanan menggunakan sepeda motor ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Jalanan yang rusak, membuat perjalanan ke lokasi ini penuh tantangan.

Untuk menuju pasih Uug sebenarnya bisa sewa mobil, hanya harus ekstra hati-hati membawanya. Selain jalan yang rusak, juga banyak tanjakan dan melewati jurang. hem....

Saran saya, lebih baik sewa sepeda motor dan bersama guide agar tak kesasar. Sewa motor disana sekitar 70 hingga 100 ribu rupiah perhari. Biaya guide 200 ribu. Kenapa perlu guide? Bagi pemula sebaiknya dipandu menuju Pasih Uug, karena jalan yang ditempuh memiliki cabang-cabang yang bisa membuat kita tersesat. Kecuali mau sering-sering turun dari sepeda motor untuk bertanya pada penduduk.

Broken Beach ini berada di sebelah barat Nusa Penida, jadi memotret matahari tenggelam di sini pasti sangat indah. Suatu hari, harus balik ke sini untuk motret sunset.

Selain Pasih Uug, dekat lokasi ini ada yang namanya Angel's Billabong alias tempat mandi bidadari. Ulasan tempat ini saya tulis dibagian berikutnya.. :)

Sarie :)






Posting Komentar