Naejangsan, tempat terbaik menikmati musim gugur di Korea Selatan


Ingin traveling ke Korea Selatan saat musim gugur atau autumn? Datanglah ke Naejangsan. Gunung yang terletak di provinsi Jeolla-do ini menawarkan pemandangan paling cantik di Korea Selatan saat musim gugur. Jalan-jalan menuju ke Naejangsan dipagari dengan pohon-pohon maple, yang daunnya berwarna merah dan kuning. Kebayangkan indahnya jalan yang kita lalui menuju gunung ini.


Pohon maple dan pohon Gilko hanya berdaun merah dan kuning saat musim gugur. Di Korea, musim gugur biasanya dimulai sejak September hingga November. Namun daun maple dan gilko akan mengeluarkan warna merah dan kuning paling bagus di akhir Oktober hingga pertengahan bulan November. Setiap daerah di Korea memiliki waktu berbeda-beda.



Untuk di Naejangsan, pohon maple paling cantik warnanya di awal November, yaitu tanggal 1-5 November. Ditanggal ini, biasanya Naejangsan dipenuhi turis, bukan hanya orang Korea saja yang sengaja datang, tapi juga dari mancanegara. Jadi jangan heran bila awal November, Naejangsan penuuuh oleh pengunjung :)

Sayang sekali, saya ke Naejangsan di akhir bulan November tahun 2016. Pohon maple yang berada di sisi jalan sudah banyak yang rontok daunnya. Namun beberapa masih ada yang tersisa dan sebagian sudah kering :(




Naejangsan dikenal juga sebagai tempat yang memiliki banyak rahasia. Karena di Naejangsan ini banyak tempat-tempat yang indah yang bisa kita jumpai.

Sebelum naik ke gunung Naejangsan, kamu akan melewati danau kecil yang ditengahnya ada pendopo kecil bulat dengan gaya arsitektur Korea. Nama tempat ini Uhwajeong Pavilion. Menuju ke pendopo ini kamu bisa melewati batu-batu kecil yang disusun rapi.


Lokasi ini jadi salah satu spot yang terkenal di Naejangsan dan wajib foto di sini. Saat musim gugur, pohon-pohon yang mengitari danau berwarna-warni. Ketika saya ke sana, akhir November, di seberang danau ada sedikit pohon maple yang daun merahnya masih tersisa. Lumayan juga buat moto ala autumn. Hehehehe :p

Untuk naik gunung Naejangsan, kamu gak usah khawatir capek. Sama dengan gunung lainnya, gunung Naejangsan juga menyediakan fasilitas kereta gantung alias cable car. Saya juga pakai cable car sih buat ke atas, hehehehe. Kalau udara gak dingin banget, mungkin saya bisa saja naik gunung tanpa cable car. Tapi Udara yang dingin dan waktu yang terbatas, akhirnya naik cable car deh. hehehehe :P





Tarifnya juga hampir sama dengan cable car di gunung lain, yaitu 8.000 won untuk PP. Kalau sekali naik 6.000 won. Tapi berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya kamu beli tiket cable car untuk naik saja.

Turunnya kamu lewat jalan biasa dan mampir dulu ke Kuil Naejangsan. Kuil ini salah satu tempat wajib yang harus kamu datangi saat ke Naejangsan.  Gunung ini punya beberapa kuil, diantaranya adalah kuil ini.





Kuil Naejangsan ini cantik deh, memiliki beberapa bangunan khas Korea. Ketika saya ke sana, di depan kuil yang besar ada lampion-lampion cantik di tengah halaman kuil.



Untuk kembali ke tempat awal datang, dari kuil ini kamu hanya mengikuti jalan diarah depan. Sepanjang jalan ini kamu akan menemui pohon-pohon maple... wah.. gak kebayang indahnya ketika semua pohon maple berdaun merah dan kuning.




Untuk menikmati pohon maple, bukan hanya di gunung Naejangsan. Dekat gunung Naejangsan, ada taman nasional Naejangsan khusus pohon maple. Taman ini kebanyakan berisi pohon maple. Selain ditanami pohon maple, tapi ada juga area khusus bermain. Masuk ke Taman Nasional Naejangsan gak bayar loh. Kamu bisa foto-foto cantik di sini sebelum pulang. Hehehehehe :)




Lokasi gunung Naejangsan memang agak jauh dari kota Seoul. Perjalanannya bisa ditempuh sekitar 4 jam-an menggunakan bus luar kota. Saat ke sana, saya star dari kota Jeonju. Naejangsan dari Jeonju sekitar 1 jam.

Kamu bisa menikmati kota Jeonju sehari dan menginap, besoknya pagi-pagi menuju Naejangsan. gimana?

Masuk ke Taman Nasional Naejangsan, harus bayar tiket 3 ribu won.



Transportasi dari Seoul ke Naejangsan, naik bus lebih murah dibandingkan naik kereta. Dari Central City Terminal (Honam line), ambil bus menuju Jeongeup Intercity Terminal. Setelah sampai, sambung dengan bus nomer 171 dan turun di pemberhentian taman nasional Naejangsan. Untuk naik gunung, kamu harus jalan sekitar 15 menitan, tergantung kecepatan kamu. Enaknya, dimusim gugur, pohon-pohon maple yang ada dikiri kanan jalan berdaun merah dan kuning. Cantik deh.. jadi kamu gak akan terasa lelah... :)



So.. jangan lupa ke Naejangsan ya saat musim gugur di Korea, saya berdoa semoga bisa ke sana lagi saat pohon maple berwarna merah. :)

Happy Travelling :)

sarie


Posting Komentar