Liburan nyaman di pulau Sebayur, Komodo



Mau liburan nyaman dan mewah di Taman Nasional Komodo, Flores? menginaplah di pulau Sebayur, dekat pulau Komodo. Di pulau ini ada resort yang sangat nyaman dan indah untuk berlibur. Ketika saya mampir ke pulau Sebayur, tamu-tamunya memang kebanyakan turis asing. Wajar saja, sebab resort ini memang memasang harga dengan mata uang asing. hehehe :)
Untunglah pulau Sebayur yang indah ini masih membolehkan para turis lokal seperti saya untuk mampir sejenak. Sekedar trekking ke atas bukitnya atau snorkeling di sekitar pulau Sebayur ini. Meskipun memang gak banyak turis lokal yang jalan-jalan ke pulau ini.

Siang menjelang sore, Pardi sang pemilik kapal sekaligus guide kami di Komodo, sekaligus supir kapal :P,  menawarkan untuk mampir ke pulau Sebayur. Akhirnya dengan rasa penasaran tinggi -karena sebelumnya ia bercerita soal resort mewah di sana-  kami menuju pulau Sebayur. 

Dari jauh kami sudah bisa melihat deretan resort yang berada di pulau Sebayur ini. Rumah-rumah kecil berupa kamar ini dibuat sangat indah dan menggunakan bahan material setempat. Lebih banyak menggunakan kayu dan beratapkan daun. Wajar saja, sebab untuk mendatangkan pasir dan batubata ke tempat ini memang mahal.





Mendekati pulau Sebayut, kapal merapat ke dermaga. Saat itu di dermaga saya lihat karyawan resort berkumpul membawa minuman dan handuk basah. Layaknya penyambutan tamu hotel yang penting. Satu orang warga negara asing juga mengenakan seragam, hanya lebih bebas. Tampaknya dia kepala para staff di sana. Hehehe.. nebak-nebak aja :)


Saya dah ke-GR an aja, kirain menyambut kedatangan kami. heheheheh.. ternyata, dibelakang kapal kami, ada kapal lain, dari penampakannya sepertinya dari hotel ini, sebab di lambung kapal ada tulisan "KOMODO RESORT" hehehe

Terpaksa kapal kami mengalah sebentar, dan mendahulukan kapal tamu. Dari dalam kapal keluar turis-turis asing. Empat orang berwajah barat dengan rambut pirang dan coklat, dua orang lagi berwajah asia, saya duga dari Singapura atau China. 




Penyambutan usai, kami akhirnya naik juga ke darat. Salah seorang teman dah gak tahan buat naik
ke bukit di pulau Sebayur ini. Sampai di atas kami takjub melihat pemadangan sekitar pulau Sebayur. Oh ya, pulau Sebayur ada dua, yaitu sebayur besar dan sebayur kecil. Pulau Sebayur besar inilah yang sekarang jadi resort. Pulau Sebayur kecil tepat berada di depan pulau Sebayur besar.




Di atas bukit pulau Sebayur, saya bertemu dua orang turis asing yang sudah berumur, suami-istri asal Eropa. Mereka sudah sebulan berada di sekitara pulau Komodo dan Labuan Bajo.  Kedua Turis yang berumur di atas 50 tahun ini masih terlihat segar dan fit. Mereka naik ke bukit dengan lincah. Sempat ngobrol sama mereka, ternyata mereka adalah peneliti biota laut. Mereka juga jago diving.. wah hebat ya. Sudah tua tapi masih sehat dan fit. Bahkan masih sudah berkeliling ke sejumlah pulau di Indonesia. Keren kan... :P



Menginap di Pulau Sebayur besar ini bener-bener liburan indah deh. Pulaunya bagus dengan kamar yang menghadap ke laut. Belum lagi laut di sekitar pulau ini, masih memiliki terumbu karang yang bagus. Terkadang ada juga penyu yang lewat di sekitar pulau Sebayur.

Gak jauh dari pulau Sebayur, ada spot diving yang isinya adalah hiu. Hehehe... keren kan. Biasanya, yang berlibur di pulau ini memang sekalian ambil paket diving.







Bagaimana liburan anda?

Happy Travelling

Sarie :)
Posting Komentar