Gigi hiu, Lampung, Spot motret paling dicari



Kamu suka motret landscape? kalau kamu pecinta fotografi landscape, kamu harus datang ke Gigi Hiu, Kelumbayan, Lampung. Spot foto ini spot paling dicari oleh para penggemar fotografi landscape. Mulai dari kelas pemula kayak saya ini, hingga fotografer profesional.


Tempat yang dinamakan gigi hiu ada di daerah Kelumbayan, Lampung Selatan. Lokasinya di pinggir pantai.Yang membuat tempat ini begitu istimewa adalah batu karang yang tinggi-tinggi yang berada di pinggir pantai. Batu karang ini tersusun mirip gigi hiu yang menjorok ke atas. Tajam dan ganas. Namun karang-karang yang tinggi ini membuat pemandangan di sekitar tempat ini jadi lebih memesona.



Panoramanya tiada dua... terkesan mistis dan ganas. Itu mengapa banyak fotografer yang berburu foto  di tempat ini, meskipun jalan menuju gigi hiu, desa Kelumbayan sangat jelek dan naik turun. Pokoknya ekstrem banget deh. Sayangnya saya gak bisa motretin kondisi jalan menuju gigi hiu. Sudah bisa sampai saja, saya dah bersyukur. hahahahaha...


Bila berkesempatan motret ke gigi hiu, jangan lupa membawa peralatan foto yang lengkap ya. Batre kamera jangan bawa satu, tapi dua atau tiga lebih baik. Jangan lupa semua batre diisi penuh, karena sampai lokasi tak ada listrik untuk isi power batre.

Lokasi gigi hiu ini memang jauh dari perkampungan penduduk. Dari desa terdekat mungkin sekitar 15-20 menit. Di desa terakhir inilah kita bisa membeli makanan dan minuman.

Selain batre, jangan lupan bawa filter ND. Karena lokasinya di pantai, kamu bisa membuat foto dengan teknik slow speed di sini. Terakhir tentu saja, tripod, benda wajib setiap fotografer.


 Waktu yang paling baik untuk ke gigi hiu adalah sore hari menjelang senja. Usahakan sampai di lokasi antara jam 3 hingga jam 4 sore. Karena yang ingin motret di gigi hiu sekarang sudah banyak, jadi harus mencari posisi paling asyik dan paling bagus buat motret.

Selain itu, matahari sebelum turun tuh sinarnya bagus banget. Dia membuat batu-batu karang di gigi hiu berwarna kuning. Indah deh..

Ada beberapa spot di lokasi ini untuk mendapatka foto terbaik. Salah satunya adalah dari atas batu karang. Umumnya menjelang matahari tenggelam, para fotografer ini naik ke atas salah satu karang yang ada di sana. Naiknya harus hati-hati ya, karena medannya agak sulit.




Sekitar gigi hiu ini tak ada penginapan, jadi biasanya para pehoby foto yang datang ke sini langsung pulang ketika sudah gelap. Namun, kalau kamu mau menginap juga bisa, tapi membawa tenda sendiri. Jangan lupa, kalau mau menginap kamu harus didampingi penduduk setempat. Merekalah yang lebih tau medan, sehingga tak akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Selamat motret :)
sari 





Posting Komentar