Kerennya pantai pink dari atas bukit


Pantai yang gak kalah kerennya untuk disinggapi di Taman Nasional Komodo, Flores, NTT adalah pink beach alias pantai pink. Selain Snorkeling atau diving di pink beach, kamu bisa menikmati indahnya pasir di pantai ini. Yap.. sesuai namanya, pasir di pantai ini memang berwarna pink.

Satu lagi yang bisa dilakukan di pink beach, yaitu trekking alias naik ke atas bukit. Menanjak ke atas bukit memang butuh usaha lebih keras, tapi pemandangan yang didapat sungguh tak biasa. Keren deh...


Kapal-kapal yang akan menuju pink beach dan membawa wisatawan biasanya tak bisa langsung merapat ke pantai ini. Sebab kapal bisa merusak terumbu karang yang ada di sekitar pink beach. Jadi biasanya ada dua cara yang dilakukan untuk mencapai pantai, dengan berenang sambil snorkeling atau naik perahu kecil yang banyak ditawarkan oleh penduduk sekitar. Naik perahu kecil ini lebih aman, karena tak merusak terumbu karang. Tapi kamu harus bayar 20 ribu untuk sampai ke pantai dan kembali lagi ke kapal.

Nah, bila anda ingin trekking dan mengambil gambar, sebaiknya naik perahu kecil ini. Sebab kamera lebih aman. Hehehe... Air laut yang mengandung kadar garam tinggi adalah penyebab karat yang sangat cepat. Jadi kalau barang elektronik yang mayoritas berbahan dasar logam masuk ke laut sudah pasti gak selamat deh :( . Supaya lebih aman kamera di bungkus plastik atau masuk ke tas anti air.

Kembali ke trekking, setelah sampai pantai kamu bisa menuju ke atas bukit dengan mengikuti jalan yang sudah ada. Gak terlalu tinggi juga kok , sekitar 10-15 menit sudah sampai ke atas. Dari atas bukit kamu bisa menimati pemandangan pantai pink yang sangat indah.





Saya perhatikan, banyak juga kok wisatawan yang trekking ke atas dan berfoto-foto. Karena memang tempatnya keren banget. Dari atas pantai pink gak terlalu terlihat pink, walau masih keliatan garis warna pink.

Kenapa ya warna pasirnya pink? warna pink ini konon karena karang-karang di sekitar pantai berwarna pink. Jadi ketika terpecah, pecahan ini terbawa ke ombak hingga ke pinggir pantai. Sehingga berwarna pink.

Oh ya, ada satu hal yang membuat saya prihatin. Ternyata pasir di pantai pink ini sudah banyak yang diambil untuk dijual. Sehingga pasir nya sudah mulai berkurang. Begitu pula warna pinknya. Apa bener ya?  Wah.. bahaya yaa.. semoga gak bener deh.

Selain pantai pink, ternyata pulau pasir di Taka Makassar, salah satu spot diving dan snorkeling dekat pulau Komodi , pasirnya juga berwarna pink. Menarik yaa... :)

Mau coba trekking di pantai pink?

Salam,
sarie :)



Posting Komentar