Bertemu Ikan Nemo di Pantai Pink, Flores



Salah satu pantai yang keren untuk snorkeling adalah pantai pink, di Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sepanjang pantai ini, terumbu karangnya sehat dan banyak anemon alias rumah-nya ikan nemo atau ikan badut.


Jenis-jenis ikan badut di pantai pink ini ada beberapa macam. Mulai dari yang biasa kita lihat di film kartun Nemo, yaitu warna orange dan garis-garis putih. Ada juga ikan nemo yang warnanya pink dengan satu garis putih. Saya juga menjumpai ikan nemo berwarna hitam garis putih.

Anemon yang tumbuh di pantai pink ini juga banyak. Anemon tumbuh di antara terumbu karang, baik karang keras maupun karang yang lunak. Namun gak gampang untuk motoin ikan Nemo ini, karena mereka selalu bersembunyi dalam anemon, ketika kamera mendekat. hehehe... maklum belum punya kamera under water yang bisa nge-zoom panjang.. :P







Sebenarnya bukan hanya ikan nemo yang bisa ditemuin saat snorkeling di pantai ini. Kami juga sempat menjumpai sotong alias cuttlefish. Sotong yang selama ini saya makan, bisa dijumpai langsung di laut. hehehe...

Kalau kamu gak jeli, menemukan sotong ini juga gak mudah. Karena sotong akan mendekati
tumbuhan yang mirip dengan kulitnya. Seperti terumbu karang ini, miripkan sama corak kulitnya sotong. Tapi gak semuanya begitu, terkadang sotong juga berenang bebas di laut.

Nah Sotong ini beda ya dengan cumi-cumi. Kalau cumi-cumi tubuhnya lebih pipih. Sedangkan Sotong tubuhnya bulat. :)







 Snorkeling di pantai pink ini sebenarnya sangat mudah. Sebab tak terlalu dalam dan mudah dijangkau. Supaya mudah, saya mulai snorkeling dari kapal yang diparkir agak ke tengah. Setelah itu, menuju pantai. Di jamin, sepanjang perjalanan ke pantai pemandangan bawah lautnya sangat indah. Nah sebaliknya, pulangnya juga begitu. Dari pantai pink snorkeling ke kapal yang diparkir agak tengah tadi. Snorkeling di pantai pink juga bisa untuk pemula, bahkan saya menjumpai banyak anak-anak (terutama turis asing) yang snorkeling dari kapal ke pantai.







Sebenarnya bagus juga sih, gak membolehkan kapal mampir sampai bibir pantai. Sebab, kapal-kapal yang besar ini sangat berpotensi merusak terumbu karang di sepanjang pantai pink. Semoga ya, besok-besok masih begini terus. Jadi terumbu karang di pantai pink ini tetap terjaga.

happy Holiday :)

sarie


Posting Komentar