Miri, kota minyak di utara Pulau Kalimantan.



Kota Miri, mungkin masih banyak orang yang tahu mengenai kota ini. Namun dikalangan pelaku usaha atau pekerja di bidang minyak dan gas bumi, kota Miri tak terasa asing. Saya sendiri baru kali ini mendengar kota Miri yang penyebutannya mirip dengan Kemiri, salah satu bumbu dapur di rumah. hehehe




Miri adalah salah satu kota di negara bagian Serawak, Malaysia. Letaknya di atas  pulau Kalimantan. Untuk menuju Miri, saya terbang dari Kuala Lumpur. awalnya bertanya-tanya, kota apa ini. Tapi cukup terheran-heran ketika di dalam pesawat. ternyata hampir seluruh kursi terisi penuh. Ternyata Miri memiliki banyak kilang minyak dan perkebunan sawit. Tak heran banyak pebisnis dan pekerja yang datang ke kota ini. Beberapa perusahaan minyak dan gas kelas dunia memiliki kantor di sini. Sekilas kota ini mirip dengan kota minyak Balikpapan di Kalimantan Timur.




Masuk kota Miri, saya begitu terkesan. Kota ini terlihat modern dengan bangunan dan toko-toko di sepanjang jalan. Namun, kota ini sepi. Bahkan lalu lintas juga terlihat lengang. Pas banget buat yang ingin tinggal di kota yang tenang.



Namun jangan salah, kehidupan malam di Miri sangat semarak. Karena kota ini berdekatan dengan perbatasan negara Brunai Darussalam, yaitu perjalanan hanya sekitar 2 jam saja, maka banyak warga Brunai yang berkunjung ke kota ini. Mereka umumnya mencari hiburan malam. Biasanya saat weekend, yaitu sabtu -minggu kota ini dipenuhi pelancong.



Nah, turis turis yang akan ke Brunai, dan berkunjung kota bandar seri bengawan banyak pula yang lewat Miri.

Selain itu, Kota Miri adalah tempat transit sebelum menuju ke taman nasional gunung Mulu. Taman nasional ini sangat terkenal dan taman nasional terbesar di Serawak. Taman nasional gunung Mulu juga tercatat sebab warisan budaya dunia yang pertama diberuikan untuk Malaysia di tahun 2000. Taman nasional ini selain memiliki gua gua yang indah,  juga memiliki hutan hujan tropis yang masih alami.

Nah, sebelum ke Mulu ini, biasanya pengunjung transit di Miri. Dari Miri bisa naik pesawat sekitar setengah jam, atau melalui jalur sungai. Namun waktu yang ditempuh lebih lama.

Jangan lupa , bila ingin ke Mulu, berkelilinglah sejenak di kota Miri. :)

selamat berlibur
sarie









Posting Komentar