Mencoba Fun Diving di Gili Trawangan, Lombok NTB


Main-main ke pulau kalau gak nyobain melihat dunia bawah laut rasanya memang gak lengkap. Terasa ada yang kurang .. Apalagi untuk sejumlah darah di Indonesia, seperti Raja Ampat, Wakatobi, Komodo, Lombok dll, keindahan alam bawah lautnya gak bosan-bosan untuk dijelajahi terus.

Mau diving tapi masih takut dan belum punya SIM? nah sebenarnya kamu bisa ikut fun diving. Mencoba diving dengan pengawasan khusus dan pelatihan sebelum nyebur ke laut. Kalau tertarik bisa lanjut buat ambil SIM diving :)

Ketika berkunjung ke Lombok, saya dan suami belum punya SIM diving. Setelah pikir-pikir, akhirnya suami ambil SIM di Gili Trawangan dan saya ikutan fun diving. Soalnya kalau dua-duanya ambil SIM diving bisa jebol kantongnya. hahahaha...

Yap, Biaya ikutan kursus menyelam dan dapat SIM memang gak murah. :P



Sejak dari Senggigi kami sudah mencari operator diving. Setelah ketemu yang pas, kami menuju Gili Trawangan. hampir semua operator diving ini di Gili Trawangan punya fasilitas lengkap, mulai dari kolam renang latihan sampai perlalatan diving dan kapal. Kolam ini memiliki kedalaman sampai 5 meter untuk latihan diving. Sebelum masuk ke laut, kami diajarkan prosedur dan teknik-teknik diving oleh instruktur.


kolam latihan

Oh ya, kalau mau fun dive atau ambil SIM diving lebih baik bisa berenang dulu. Skill ini sangat penting dimiliki diver.

Ketika belajar untuk fun diving berbarengan dengan suami yang juga belajar ambil SIM diving, jadi saya sekaligus ikut belajar bagaimana prosedur dan teknik diving yang benar. Untuk ambil SIM diving ini, selain praktek langsung di laut atau di kolam, diver harus membaca buku panduan diving dan menonton video tentang teknik diving.

Syukurlah dapat instruktur baik dan tegas kayak pak kus, jadi belajanya fokus. hehehehe..


belajar teori diving


Di Gili Trawangan ini, sebelum masuk ke laut kita diberi pelajaran bagaimana diving yang benar dan aman. Diving juga tak boleh merusak alam, dengan meninjak karang atau memegang hewan atau binatang dalam laut. 

belajar nyelam di kolam



persiapan diving

Pelajaran penting adalah buoyancy atau keseimbangan di dalam laut.  Bouyancy ini diatur oleh pernafasan dan sangat penting. Supaya ketika diving, kita bisa mengendalikan tubuh dan tidak merusak karang. Kalau kita gak bisa mengendalikan badan kita di dalam air, sulit sekali untuk bergerak. Saya sendiri kesulitan dengan bouyancy ini. Masih sering tenggelam ke dasar atau malah berada di atas. :P

naik ke atas atau turun ke bawah?

Setelah kita tahu prosedur dan teknik menyelam dasar, barulah bisa ikutan fun diving. Instrukturnya pun gak sembarangan untuk mengijinkan seseorang ikut fun diving, karena di bawah laut risiko nya sangat besar.

Biasanya untuk diver pemula diajak ke tempat yang kedalaman sekitar 10-15 meter, tak banyak arus dan risikonya kecil. Di Gili Trawangan saya sempat fun diving di Coral Garden. Memang arus nya aman, tapi visibilitinya agak kurang karena ternyata di atas hujan. Padahal bila cuaca cerah visibilitinya sangat bagus.

fun diving yang di kawal terus.. 

Oh ya, ada pengalaman yang lucu tapi sekaligus berbahaya. Pertama kali fun diving, saya terlalu lambat bergerak dan selalu kesulitan dengan bouyancy, akhirnya ketinggalan dan tak bisa melihat siapa-siapa di dalam laut. Saya berusaha tenang sambil tengok kanan kiri. Karena gak ada orang, saya putuskan naik ke atas. Mungkin saja mereka sudah naik. Setelah dipermukaan, saya tak melihat siapapun, bahkan kapal juga gak ada. Waduh.... akhirnya, saya turun lagi ke bawah. Masih belum ketemu siapapun. Sebenanya dalam diving hal ini gak boleh terjadi. Diving harus ditemani buddy. Menghadapi situasi ini saya coba tetap tenang. Akhirnya setelah menunggu sejenak, saya bisa melihat instruktur saya. Ah.. alhamdulillah...

Untung gak nangis dalam laut. bwahahaahahha....... setelah ketemu, instruktur saya langsung memegangi tali saya teruuuus.. supaya gak lepas. hahahaha.

Sampai atas kapal, Instruktur saya geleng-geleng kepala setelah saya ceritakan. Dia sendiri dek-dek-an khawatir terjadi apa-apa sama saya. Padahal katanya, itu sangat berbahaya. :P

Nah, satu lagi kuncinya ketika diving.. tetap tenang dalam situasi apapun. Saya sendiri sebenarnya agak kesulitan bernafas dengan tabung (mungkin belum biasa). Dada kayaknya sesak.. tapi saya berusaha menenangkan diri dan membayangkan yang enak-enak... supaya lupa.. hehehe

Sampai sekarang, saya lebih memilih free diving dari pada scuba. Meski hanya nafas satu tarikan, tapi dada saya gak sesak. Kelemahannya tentu saja, saya gak bisa berlama-lama di dalam laut dan gak bisa moto keindahan bawah laut.

Jadi someday memang harus ambil SIM diving. :)

happy diving :)

sarie

Tumbuhan atau hewan di laut tak boleh dipegang langsung, berbahaya. Jenis karang api bila di dipegang bisa membakar kulit. saya pernah kena karang api di Raja Ampat.







Posting Komentar