Gili Trawangan, destinasi wajib para pelancong


Saat ini hampir semua turis, baik lokal maupun mancanegara mengincar Lombok, terutama ke Gili Trawangan. Yap tempat ini memang jadi destinasi wajib para pelancong. Pulau yang berdekatan dengan Lombok ini menawarkan keindahan yang tiada tara. Selain itu, banyak yang bisa dilakukan di Gili trawangan, mulai dari kegiatan di bawah laut hingga bersepeda atau melihat penangkaran anak penyu.



Gili Trawangan adalah pulau kecil yang berada di sebelah barat pulau Lombok dan masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Barat. Di area ini sebenarnya ada 3 pulau yang saling berdekatan, yaitu pulau Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Namun yang paling banyak dikunjungi adalah Gili Trawangan. Meskipun dua pulau lain juga tak kalah indahnya.


Menuju ke Gili Trawangan ada beberapa alternatif, yang pertama terbang ke bandara internasional Lombok, lalu menuju Senggigi. dari Sengigi ada ke dermaga rakyat yang melayani penyebrangan langsung ke Gili Trawangan. Biayanya gak terlalu mahal kalau melalui dermaga rakyat ini.

Dari Bali menuju Gili trawangan juga bisa menggunakan kapal cepat, yaitu melalui pelabuhan Padang Bay dan melalui Tanjung Benoa.Namun melalui Tanjung Benoa lebih mahal biayanya, bisa mencapai 500 ribu rupiah.


Pulau Gili Trawangan ini menawarkan semua kebutuhan wisatawan. Mencari penginapan juga mudah. Bila ingin menghadap kelaut dan menikmati sunset atau sunrise bisa memilih penginapan di sepanjang pantai. Umumnya penginapan di pinggir pantai ini dikelola dengan profesional dan tarifnya lebih mahal. Rata-rata tarifnya sekitar 500 ribuan ke atas. Namun bila beruntung, masih bisa dapat yang 300 an rupiah perkamar. hehehe


Namun bila ingin tarif yang lebih murah, carilah penginapan yang agak kedalam. Alias bergabung dengan perkampungan penduduk. Penduduk sekitar Gili Trawangan ada yang membuat penginapan dan rumahnya ada juga yang disewakan. Tarifnya mulai 300 hingga 250 ribu rupiah untuk yang menggunakan AC. Sedangkan yang tidak pakai AC biasanya di bawah 200 ribu rupiah. Cukup terjangkau kan... asal mau jalan sedikit saja untuk menuju pantai. Biasanya setiap penginapan atau hotel atau homestay di Gili Trawangan hanya menyediakan makan pagi gratis. :)


Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan ini, mulai dari aktivitas di air seperti diving. snorkeling, hingga surfing. Selain itu bila bosan dilaut, bisa juga berkeling pulau yang indah ini dengan sepeda. Atau berjemur di tepip pantai kayak turis turis asing yang ingin menghitamkan badannnya. hehehehe...


Setiap penginapan atau hotel di pinggir pantai, pasti menyediakan kursi-kursi panjang untuk berjemur.


Nah, bila ingin melihat sunrise cukup dari depan pulau. Tapi hati-hati ya, kalau pagi terkadang masih banyak turis turis asing yang tidur dipinggir pantai. Untuk lihat suset, tinggal berjalan atau naik sepeda ke belakang pulau, hak jauh kok. sekitar 15 menitan.


Sepanjang pulau Gili Trawangan ini juga ada rumah makan, baik milik hotel atau penduduk sekitar yang membangun rumah makan di sini. jadi kemeriahan di Gili Trawangan ini gak kalah menarik dengan di Bali.
 
 Mungkin di Gili Trawangan ini justru lebih menyenangkan, karena bebas polusi. Sebab mobil atau motor dilarang digunakan di pulau ini. Hanya boleh pakai sepeda atau bendi (kereta kuda).


Nah, bagaimana, tertarik ke Gili Trawangan? selamat berlibur :)

sarie 








Posting Komentar