Donggalaku sayang Donggalaku malang.... (part 2)



Bagian kedua dari Donggala, saya mau bercerita pengalaman snorkeling di pantai Tanjung Karang. Menurut seorang temen yang bertemu di pantai Kucing, snorkeling di Donggala bagus dan karangnya banyak. Karena penasaran, akhirnya sebelum terbang ke Jakarta, kami menuju Donggala dan  tepatnya di pantai Tanjung Karang.

Snorkeling di Donggala ini tak perlu naik kapal. Dari depan resort langsung berjalan ke depan, menyusuri belakang resort sampai tebing-tebing tinggi. Tapi sayang... selama perjalanan menuju tebing sampah sisa minuman dan makanan bertebaran. Selain itu, banyak pula karang yang rusak dan patah. duh sedihnya :(







Sebelum bertemua terumbu karang di dekat tebing-tebing, kita harus melalui pantai berpasir. Saat siang hari, sepanjang pantai ini airnya surut hingga ke tengah. Namun sore hari air kembali pasang dan menutupi pasir di pantai ini.

Sebenarnya terumbu karang di Donggala ini bagus. Saya banyak menemui table coral alias karang besar yang membentuk meja. Namun sayang, terumbu karang di sini banyak yang rusak. Selain karena adanya kapal yang menambatkan jangkar nya sembarangan, sampai ulah sebagian orang yang menginjak karang.



Di pantai Tanjung karang ini ada kapal yang disewakan khusus untuk melihat terumbu karang melalui lubang kaca yang berada di tengah kapal. Biasanya wisatawan yang tak pandai berenang melihat terumbu karang dengan kapal ini. Kapal-kapal ini akan berhenti ditengah terumbu karang, menambatkan jangkar di tempat sembarangan. Akibatnya, terumbu karang banyak yang hancur.



Padahal untuk menumbuhkan terumbu karang ini membutuhkan waktu hingga jutaan tahun. Ah.. seandainya mereka mengerti dan paham. Sayangnya, masih banyak wisatawan yang tak mengerti dan seenaknya menginjak terumbu karang.

Namun, untuk di perairan yang agak dalam, diatas 5 meter, terumbu karangnya masih sehat. Saya masih menemukan rangkaian hard coral dengan ikan-ikan hias diatasnya. Kemudian juga table coral yang besar-besar. Nemo juga ditemukan di sini, namun tak sebanyak di Parigi Moutong.

coral garden Donggala

table coral

free as a fish


terumbu karang di Donggala

hard coal 





Beberapa foto yang dikumpulkan saat snorkeling di pantai Tanjung Karang, Donggala.

enjoy holiday...

sarie :)




















Posting Komentar