Butuh Vitamin Sea tapi waktunya sempit? Pahawang aja...


Kangen laut tapi hanya punya waktu libur sabtu minggu? Coba deh ke pulau Pahawang di Lampung. Pulau ini dan sekitarnya masih memiliki pantai berpasir putih yang indah dan terumbu karang serta biota laut yang kalah menarik dengan di tempat yang jauh-jauh dari Jakarta.

Pahawang ini letaknya di Lampung Selatan, dan gak terlalu jauh dari penyebangan kapal ferry Bakauheni. Bila ingin naik kendaraan umum, dari Jakarta naik bus ke pelabuhan Merak. Kemudian dilanjutkan menyebrang dengan ferry ke Bakauheni. Dari Bakauheni menuju pelabuhan Ketapang. Karena tak ada angkutan umum ke pelabuhan Ketapang, biasanya charter angkot atau mobil seperti avanza dan xenia. Biaya charter beragam, tergantung tawar menawar.



Bila berangkat sekitar jam 7 malam dari Jakarta, sampai Pahawang subuh. Namun kalau naik kendaraan pribadi bisa lebih cepat.

Pelabuhan ketapang ini masih searah dengan jalan ke teluk Kiluan. Tepatnya berada setelah pantai Clara.



Inilah pelabuhan Ketapang, Lampung. Untuk snorkeling atau menuju ke pulau Pahawang bisa sewa perahu dengan tarif sekitar 500 ribu perhari. Perahunya cukup besar, bisa memuat sekitar 10 orang. kalau datang bersama grup tentu biayanya bisa disharing dan lebih murah.

Perairan di Lampung selatan ini masih bagus, banyak pulau-pulau indah disekitarnya. Sehingga perjalanan ke tempat snorkeling dekat pulau Pahawang kecil tak terasa.

Spot snorkeling pertama dekat pulau Pahawang kecil. Di sini karang-karangnya sebagian indah dan banyak karang berbentuk bunga mawar, mekar. Ikan ikan hias juga banyak. Namun tetap waspada untuk snorkeling di sini, sebab terkadang ada ubur-ubur yang lewat. Ubur-ubur dengan warna transparan ini sangat gatal bila tersentuh kulit.

spot snorkeling dekat pahawang kecil

karang berbentu mawar ini banyak di temui di pahawang


ikan kecil dan karang -karang yang tak kalah cantik dengan daerah lain

Ikan nemo atau ikan badut di sekitaran Pahawang ini sangat banyak jumlahnya. Bentuknya juga beragam. Mulai yang sering kita temui sampai ikan nemo dengan ukuran yang lebih besar dan berwarna merah.
ikan nemo besar





Bila cuacanya bagus dan matahari tak terhalang awan, air lautnya jernih. Bahkan kita bisa melihat sinar matahari menembus ke dalam laut.

Tempat snorkeling di sini banyak, selain dekat pulau Pahawang kecil, juga dekat pulau Pahawang besar dan di Tanjung Putus. Pak pemilik perahu biasanya sudah tau spot-spot snorkeling yang akan dikunjungi.

Bila ingin istirahat sambil makan siang, mampirlah ke pulau Pahawang kecil. Pulau kecil ini memiliki pasir putih yang indah. Pulau ini juga teduh karena banyak pohon dan sebagian area memiliki hutan bakau.

Pulau Pahawang kecil sebenarnya sudah di sewa oleh orang Perancis. Mereka membangun villa di sini. Namun warga yang kesini masih dibolehkan mengunjungi pulau Pahawang kecil.


hutan bakau di pahawang kecil, tampak kejauhan pulau pahawang besar.


Bila ingin menginap di sekitar pahawang, anda bisa ke pulau pahawang besar. Penduduk sekitar pulau ini menyewakan rumah mereka. Biasanya tarifnya sekitar 500 ribu rupiah satu rumah untuk satu malam.

Butuh vitamin Sea? yuk coba ke pahawang....

sarie :)








Posting Komentar