Pulau Menjangan yang bikin terkenang




Bali punya beberapa site diving dan snorkeling yang sangat terkenal. Diantaranya adalah Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Tulamben.  Nusa Penida dan Nusa Lembongan ada di pantai timur Bali dan hanya satu jam menggunakan perahu dari Sanur. Namun, masih ada satu spot yang keren buat diving sekaligus snorkeling ( viewnya sama-sama keren ) yaitu di Bali barat, tepatnya Pulau
Menjangan.



Bila ingin ke pulau Menjangan dari Denpasar sekitar 3-4 jam, tergantung kemacetan. Namun kalau dari Surabaya, cukup lama. Ya,... bisa setengah hari lebih, kalau macet bisa hampir sehari. Rutenya, Surabaya-Ketapang-Gili Manuk-Taman Nasional Bali Barat (Banyuwedang)

Yap betul, Pulau Menjangan ini masuk area Taman Nasional Bali Barat. Sehingga kalau mau kesini harus bayar dan mematuhi aturan. Karena Wilayah ini termasuk yang dilindungi, sehingga dilarang merusak alam, memancing, merusak terumbu karang dll.  Di pulau ini juga tidak ada rumah penduduk, hanya kijang yang berkeliaran di sekitar pulau.





Untuk nyebrang ke pulau menjangan, ada beberapa alternatif, diantaranya lewat pelabuhan di belakang Mimpi resort. Dari sini ada tourist center yang bisa nyewain perahu buat nyebrang ke pulau Menjangan.

pelabuhan menuju pulau menjangan



Nah, beda sama tempat tempat lain, untuk bisa snorkeling disini, bukan hanya sewa perahu, Tapi ada biaya asuransi, biaya guide, biaya masuk Taman Nasional Bali Barat, biaya snorkeling, serta biaya mandi. hehehe.. banyak yak. Total semua satu perahu sekitar 725 ribu rupiah. Biaya itu diluar sewa alat buat snorkeling. Durasinya dibatasi 3-4 jam, kalau mau nambah bayar lagi, sekitar 40 ribu rupiah perjam. Jadi kalau mau hemat ke sini, bisa rombongan. Karena satu perahu kayu yang besar muat untuk 12 orang. Tarif ini sudah seragam untuk semua operator.


kapal kayu khas bali dengan kotak sesajen diatas nya


 Setelah mendapat alat snorkeling yang cocok, langsung menuju ke pelabuhan. Disana ada puluhan perahu sudah diparkir untuk melayani turis ke pulau Menjangan. Perjalan ke pulau Menjangan sekitar setengah jam. Tapi jangan takut, gak bakal bosan kok.. karena pemandangannya bagus. Melewati hutan bakau dan Taman Nasional Bali Barat. Di depan ada pemandangan gunung Raung di jawa timur yang berdiri kokoh dan gagah. lalu di sebelah kanan pulau Menjangan ada gunung Baluran. Wah... bawaannya mau foto-foto terus deh. hehehe...




kapal nelayan berderet sepanjang dermaga


Ciri khas pulau menjangan adalah pura serta menjangan atau kijang. Di pulau ini ada banyak pura, diantaranya yang terkenal adalah pura dewi kuam in, pura giri segara dharma kencana serta yang paling banyak dilihat adalah pura ganesha. Pura Ganesha ini berupa patung Ganesha yang tepat berada di tepian pulau Menjangan. sehingga Pura ini paling banyak menjadi objek foto para pelancong.







Jangan lupa untuk melihat menjangan atau kijang yang merupakan hewan penghuni  pulau ini.



selamat berlibur :)
sarie

Baca juga : Bali Barat punya spot diving dan snorkeling keren !!!




Posting Komentar