Bali Barat punya spot Diving dan Snorkeling keren!!



pura dengan patung dewa ganesha di pulau menjangan

Bali Barat, gak banyak turis lokal maupun asing yang kesini. Padahal di Bali Barat ini, tepatnya di pulau Menjangan ada spot diving dan snorkeling yang keren. Gak kalah dengan spot diving lain di Bali.

Di pulau Menjangan ini, diving dan snorkeling sama sama bagus. Ikan hias warna warni sangat banyak dan beragam.

keindahan bawah laut menjangan

Biasanya guide akan mengajak kita snorkeling di bagian depan pulau, yang merupakan wall yang panjang. Wall atau dinding ini berisi terumbu karang dan ratusan ikan hias berwarna-warni. Ikan hias di sini sangat banyak, bahkan konon ekspor ikan hias bali salah satunya berasal dari sini. LOH? Padahal pulau menjangan ini kan masuk Taman Nasional Bali barat? hmmmm...





Pulau menjangan juga spot yang asyik buat pehobi free dive alias menyelam tanpa tabung oksigen. Kontur bawah lautnya selain berupa wall, juga memiliki gua gua yang cukup menarik untuk dijelajahi.



Sementara bagi yang suka diving, di pulau ini bisa menyelam kedalaman 20 hingga 60 meter. Dinding sepanjang pulau penuh dengan aneka terumbu karang dan sponge.





Pulau menjangan sangat cocok bagi pemula, baik snorkeling maupun diving. Sebab visibility-nya sangat bagus, bahkan untuk kedalaman 50 meter. Diving ke kedalaman 10 meter juga mudah dilakukan.







Selain snorkeling atau diving di bagian depan, ada lagi tempat yang bernama coral garden. Dulu, pulau Menjangan sangat terkenal dengan keindahan terumbu karangnya . Namun sejak nelayan mencari ikan dengan bom dan pukat, banyak terumbu karang yang rusak. Belum lagi efek dari el nino atau perubahan cuaca, banyak membuat karang-karang mati. Namun beberapa tahun belakangan ini, terumbu karang sekitar pulau menjangan mulai tumbuh dan sangat indah untuk dinikmati...




Namun sayang, di sekitar pulau banyak sampah daun dan rumput laut yang mati. Sehingga bila snorkeling dekat pulau sangat mengganggu. Jadi kalau gak mau terganggu sampah, lebih baik snokeling agak ke tengah. Terumbu karang dan ikan hias yang cantik-cantik juga ada di tengah.


snorkeling sekitar jam 9 hingga 10 pagi memiliki efek cahaya yang sangat bagus. coba deh..

salam
sarie :)



Posting Komentar