Menikmati Pho Hoa di negri Paman Ho



Sejak dari Jakarta, satu tujuan yang gak boleh kelewat selama berkunjung ke kota Ho Chi Minh, Vietnam adalah makan pho hoa noodle alias mie vietnam. Apalagi setelah menempuh perjalanan cukup jauh dan melelahkan, yang kebayang adalah makanan hangat yang segar plus pedas.

Jadilah, setelah cek in hotel dan beres beres pakaian, langsung keliling sekitar hotel di Ho Chi Minh. Berharap ada toko yang menjual pho hoa ini. Ternyata... mie vietnam atau sup vietnam ini di jual hampir di semua sudut jalan di kota Ho Chi Minh. Mulai dari yang lesehan pinggir jalan sampai restauran restauran besar. Mie Beras yang dicampur daging babi , sapi atau ayam, serta sayur seperti tauge jepang, daun basil, daun mint dll ini juga jadi makanan utama mereka.



Makan Pho hoa noodle ini biasanya juga dilengkapi aneka saus, mulai kecap ikan, kecap asin atau saus sambal, serta jeruk nipis dan lada.


Pho hoa yang banyak di jual lesehan dipinggir jalan ini bercampur dengan penduduk lokal sembari minum-minum. Ini jadi tradisi mereka disana. Sepanjang sudut jalan di kota paman Ho ini memang bau bir... (menurut saya loh )

Akhirnya masuk ke salah satu restauran, dan dengan PD nya memesan pho hoa beef noodle.

"beef, no pork. ok?
"ok" 

Wah, bener aja seger banget  pho hoa ini. Di tambah potongan cabai rawit hijau, tambah mantap deh.
Pulangnya, yang kebetulan lewat tempat masak, kita baru sadar kalau kuahnya dari kaldu babi.. jreng jreng... karena ada kaki babi utuh yang digantung.. waks....

Bagi muslim, harus hati-hati makan pho hoa di Vietnam. Karena kebanyakan mereka bikin kuah kaldunya pakai tulang babi, sebagai makanan yang disukai. Jadi meskipun topingnya daging sapi atau daging ayam, lebih baik cari restauran yang ada label halalnya... memang agak susah. Tapi kami akhirnya menemukan juga...


Jangan lupa pesen juga kelapa muda ya... sungguh nikmaat..
selamat makaan

sarie :)





Posting Komentar