Bertemu NEMO di Lagoon Cabe





Bila anda ikut tur ke anak gunung Krakatau, biasanya anda juga akan mengunjungi Lagoon Cabe. Lagoon cabe ini adalah salah satu spot snorkling terbaik di dekat anak gunung Krakatau. Lokasi dari anak gunung Krakatau sangat dekat, mungkin hanya sekitar 10 menit menggunakan perahu.

Habitat laut di Lagoon Cabe ini tergolong sehat dan memilik terumbu karang yang sangat indah. Terumbu karang di Lagoon Cabe ini bisa dinikmati hanya dengan snorkling. Kedalamannya sekitar 5 hingga 7 meter.









Bahkan di kedalaman sekitar 5 hingga 7 meter, kita bisa menjumpai ikan badut alias Nemo. Ikan berwarna orange kecoklatan dengan dua garis belang berwarna putih ini terlihat disela sela tentakel anemone laut. Untuk mengabadikan foto Nemo ini tak perlu diving, cukup menyelam tanpa alat atau biasa disebut free dive.



Ikan badut atau nama latinnya Amphiprion akindynos memiliki hubungan saling menguntungkan atau mutualisme dengan anemone laut sebagai tempat tinggalnya.


 Bila ada ancaman terhadap nemo, maka anemone laut bisa tertutup. Begitupun sebaliknya, bila ada ikan lain yang akan memakan anemone laut, ikan badut ini segera mengusirnya.


Selain habitat ikan nemo dan jenis jenis anemone laut, di Lagoon Cabe juga menawarkan taman koral yang indah. Terumbu karangnya berjejer mengelilingi sekitar pulau.



Bila anda ingin snorkling di Lagoon Cabe, jangan lupa membawa kamera bawah air. Sebab banyak keindahan yang bisa dipotret di sini.




Bagaimana menuju ke Lagoon Cabe ?

- Mengikuti tur ke anak krakatau, biayanya bervariasi sekitar Rp 375 ribu hingga Rp 500 ribu. tergangtung fasilitas apa yang ingin di dapat.
- Bila ingin pergi sendiri, dari Jakarta ke pelabuhan Merak. Menyebrang ke Bakauheni, Lampung. Lalu di teruskan ke Pelabuhan Canti (Lampung Selatan). Di pelabuhan Canti sewa perahu ke gunung anak Krakatau dan mampir ke Lagoon Cabe. Snorkling di pagi hari lebih baik. Karena biasanya bila sudah siang airnya agak keruh dan visibiliti-nya berkurang.


Selamat menjelajah ya!

sarie :)


























Posting Komentar