Seribu lampion di langit Borobudur, Jawa Tengah



Berkunjung ke Candi Borobudur mungkin hal biasa. Namun pernahkan anda berkunjung ke Candi Borobudur saat perayaan waisak??.


Bila anda belum pernah mencoba, mungkin sekali kali perlu juga. Sebab pada perayaan waisak wajah Candi Borobudur sungguh berbeda.  Pada saat ini ribuan umat budha berkumpul di pelataran Candi Borobudur sejak pagi. Suasana seperti ini akan menjadi objek yang menarik untuk di foto, terutama pehobi fotografi.








Perayaan waisak  di Candi Borobudur pada saat bulan purnama. Para bhiksu dan umat budha menyalakan lilin untuk mengitari candi Borobudur. Upacara ini ditutup dengan menyalakan lampion. bagian inilah yang biasnaya paling ditunggu-tunggu para pengunjung.  Langit bodorudur terlihat sangat cantik. ratusan lampion berkelap kelip menuju langit dan dihiasi cahaya bulan.
















Pada saat perayaan waisak, candi borobudur biasanya tertutup untuk umum. Namun di pagi hari atau ketika upacara belum di mulai candi borobudur terbuka untuk umum. Mungkin saat itu anda bisa tinggal di pelataran candi dan melihat perayaan waisak. sementara untuk ikut melihat lampion di candi Borobudur, bisa datang sore hari.















by : purbasari daruningsih (waisak 2011)

Posting Komentar