Ini alasannya kenapa kamu harus ke Selayar, Sulawesi Selatan ?



Gak banyak orang tau tentang Selayar. Umumnya yang lebih terkenal adalah taman nasional Takabonerate. Sebab untuk ke Takabonerate, kamu harus terbang dari Makassar ke Selayar, baru kemudian lanjut naik kapal ke Takabonerate. Biasanya banyak yang gak menjelajahi Selayar dan hanya mampiur di ibukotanya, Benteng. Padahal, Selayar punya pantai berpasir putih yang indah dan underwater sekelas bintang lima. Penasaran?

Pulau Selayar bisa dikunjungi bulan apa saja  selama satu tahun. Pulau ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Laut dalam kondisi tenang di bagian Timur pulau Selayar pada bulan Oktober hingga april. Sedangkan bagian barat pulau Selayar dengan arus yang tenang saat bulan april hingga Oktober.

Nah bila kamu ingin mengunjungi kedua sisi pulau dalam kondisi arus tenang, bulan april-mei dan September-Oktober. Bulan-bulan ini laut di Selayar hingga ke Takabonerate sedang tenang dan tak ada ombak.


Saya berkunjung ke Pulau Selayar di bulan Desember tahun lalu. Sehingga tujuan saya adalah pantai timur Selayar. Sebab saat itu sedang musim angin barat, sehingga pantai barat Selayar berombak tinggi dan arus kencang. Pantainya pun kotor karena banyak kotoran dari laut. 

Pantai Timur berbeda dengan Pantai Barat, namun keduanya sama-sama indah. Pantai Barat mudah di tempuh, bisa dengan kendaraan dan hanya sekitar 15 menit dari kota Benteng. Namun untuk menuju pantai timur, kita harus ke pelabuhan Pattumbukang, sekitar satu hingga dua jam dari kota Benteng. Kemudian menggunakan kapal kita menyusuri pantai Timur Selayar.

Namun, pantai di Bagian Timur ini sungguh indah. pasirnya putih dan terbentang sepanjang pulau Selayar. 






Pantai yang terkenal di bagian Timur Selayar adalah pantai Pinang dan pantai Bonetappalang. Di pantai pinang ada resort atau penginapan yang di kelola oleh warga negara asing asal Perancis. Resort  ini memiliki pantai yang sangat indah dan bisa menikmati matahari terbit.








Bila ingin menikmati pantai dan jauh dari kebisingan, menginap di resort ini sangat tepat. Apalagi di depan resort kita bisa langsung menikmati keindahan bawah lautnya yang masih terjaga. Hanya dengan snorkeling, kita bisa melihat terumbu karang yang cantik-cantik dengan aneka warna. Belum lagi penyu sering muncul di sekitar perairan ini.





Air lautnya pun jernih dan di siang hari kita bisa melihat degradasi warna lautnya mencolok. Mulai dari hijau toska, biru muda hingga biru tua. Pantai Pinang ini sering dijadikan tempat wisata oleh penduduk di Selayar. Untuk sekedar menikmati laut ataupun bermain di pasir :)



Pantai Bonetappalang juga tak kalah cantik. Di pantai ini ada resort kelas dunia yang juga yang dikelola oleh warga negara Jerman. Hampir seluruh pantai ini dikuasai oleh resort ini, sehingga penduduk sulit untuk merapat ke pantai.

Namun, bawah laut di depan resort di pantai Bonetappalang ini yang terbaik di sekitar pantai timur Selayar. Wall yang terbentang sepanjang pantai timur pulau Selayar ini memiliki alam yang sangat terjaga. Ketika snorkeling dan menyelam bebas di depan pantai Bonetappalang ini, saya bertemu puluhan penyu yang sedang bersantai.

Bukan hanya penyu, saya juga bertemu ikan Napoleon, ular hingga ikan kerapu dengan berat lebih dari 20 kilogram. Woow...





Nah, gimana? mau coba ke Selayar?

Happy Travelling :)

Sari
Posting Komentar