Spot-Spot Diving di Gili Trawangan Lombok, NTB




Salah satu lokasi menyelam terbaik di Indonesia, bahkan katanya di dunia ada di pulau Lombok, NTB. Terutama yang berada di sekitar 3 Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Selain terbaik untuk menyelam, spot ini juga salah satu tempat terbaik untuk belajar menyelam. 
Ketika mengunjungi Gili Trawangan, saya sempat ikut fun diving dan suami mengambil sertifikat menyelam PADI open water. Menurut para diver yang kami kenal, Gili Trawangan ini memang salah satu tempat terbaik untuk belajar menyelam.



Beberapa spot menyelam di sekitar 3 pulau ini tak terlalu sulit dan cocok untuk pemula. Menyelam di sekitar Gili Trawangan dan Gili lain di pulau Lombok, NTB kita bisa menemukan sekitar 3.500 spesies laut. Namun yang paling terkenal untuk menyelam di sekitar 3 pulau ini adalah penyu hijau. Hampir setiap diver yang menyelam di sini pasti menemukan penyu hijau. Jumlahnya banyak....yap, tentu saja, sebab di Gili Trawangan ada tempat penangkaran anak penyu. Anak-anak penyu ini dipelihara, dan sampai usia tertentu mereka akan di lepas ke laut.

Di sekitar 3 Gili ini ada spot-spot menyelam yang bisa kamu jelajahi. Diantaranya adalah coral garden. Spot ini paling dekat dengan Gili Trawangan dan arusnya cenderung tenang. Visibility alias jarak pandang di spot ini juga bagus. Biasanya untuk pemula, seperti saya akan dikenalkan ke spot coral garden terlebih dulu. Namun sayang, ketika diving di spot ini, cuaca di atas hujan sehingga jarak pandangnya gak terlalu bagus.

Spot lain yang menarik adalah Shark Point. Lokasinya sebelah barat Gili Trawangan atau dekat dengan Gili Air. Di spot ini biasanya ada hiu, namun gak semua diver bisa bertemu hiu di sini. Umumnya banyak juga ikan-ikan lain, seperti Ikan kakak tua berkepala besar ( Bumphead Parrotfish). Ikan ini besaar banget, lebih dari satu meter. Saya pernah menjumpainya ketika snorkeling di Sekitar desa Yenbuba, Raja Ampat. Ikan ini cukup besar,panjangnya lebih dari satu meter. Jadi melihatnya sangat takjub. Mereka biasanya rombongan dan makan karang-karang, batu serta pasir. 


Lokasi lain adalah Teluk Pier. Lokasi spot ini sekitar Gili Air. Seperti namanya, spot menyelam ini berada dekat dermaga. Kedalamanya sekitar 18 meter. Di sekitar spot ini kamu bisa menjumpai frogfish, kuda laut alias seahorse sampai ikan-ikan hias kayak sriped catfish yang bergerombol. 

Di antara Gili Meno dan Gili Trawangan juga ada Wreck sepeda dan wreck kapal. Penyelam pemula bisa melihat wreck ini, karena lokasinya masih dangkal, yaitu sekitar kedalaman 15 meter. Bila cuaca cerah, visibility di tempat ini sangat jelas. Di wreck ini banyak terumbu karang yang sehat sehat. 

Kamu tertarik untuk diving di sekitar 3 Gili ini? sebaiknya datang saat musim kemarau dan hindari saat musim hujan, yaitu antara bulan November dan April. Saat musim kemarau biasanya curah hujan tak banyak dan visibility menyelam jadi lebih jernih. 





Happy diving :)

sari















































Posting Komentar