Bertemu Hiu di Taka Makassar, Flores


 Ini kali keduanya saya bertemu hiu langsung di laut. Pertama kali melihat hiu sewaktu snorkeling di Raja Ampat, tepatnya dekat desa Yenbuba, Raja Ampat. Nah yang kedua, bertemu hiu di dekat pulau Komodo. Nama tempatnya Taka Makassar.



Untuk yang kedua ini masih kaget, karena hiu ini seperti tiba-tiba muncul. Untungnya hiu langsung pergi dan gak mendekat.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, bila bertemu hiu jangan panik dan jangan menunjukkan gerakan mengancam. Karena hiu akan mengira kita mengancam mereka. Padahal kita juga takut, hahahaha. Bertemu hiu lebih baik diam dan jangan mengeluarkan banyak gerakan.

Hiu memiliki indra yang sama dengan manusia, ditambah satu indra yang tidak kita miliki, yaitu indra yang memberikan mereka keuntungan khusus di dalam air.

Bila lihat kontur perairan di spot Taka Makassar ini sebenarnya bukan laut dalam. Namun memang di area ini banyak sekali plankton dan ikan-ikan yang merupakan santapan ikan besar, seperti hiu. Makanya banyak ikan berbadan besar yang melintas di sini dan mencari makan.


ikannya banyak, jadi makanan ikan besar

Dua pulau pasir yang berada di Taka Makassar ini dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat indah. Tentu saja, kalau indah sudah pasti sehat dan gak banyak yang rusak. Karang yang ada di sini lengkap, hard coral dan soft coral. Bahkan banyak anemon di sini, berada di sela-sela antara karang-karang yang keras. Jadi ikan Nemo alias ikan badutnya juga banyak.


nemo banyak ditemukan di Taka Makassar


Selain ikan badut, di spot Taka Makassar ini juga banyak di jumpai aneka jenis spons, kebanyakan saya melihat spons tubular atau berbentuk tabung. Spons ini terlihat sehat dan tumbuh bersama terumbu karang atau dekat dengan sea fan alias cemara laut.

Spons ini mungkin bentuknya seperti tanaman, namun sebenarnya spons adalah binatang. Uniknya spons adalah binatang yang tak memiliki organ tubuh bagian dalam, tanpa jantung , otak atau jaringan saraf. Spons hidup dari sel-sel yang sangat kecil di dalamnya dan menjalankan banyak fungsi untuk menunjang kehidupan.


spons berbentuk tabung berwarna coklat di sela karang

Bukti bahwa perairan Taka Makassar ini lebih bersih adalah keberadaan sejumlah hewan laut yang hidup di dalamnya. Salah satu contohnya adalah keberadaan kima alias kerang raksasa. Saya perhatikan kima ada di antara terumbu karang, meskipun gak terlalu besar.

Keberadaan kima di perairan ini sangat penting dalam membersihkan air laut dari populasi mikro organisme yang berlebihan. Sehingga air laut menjadi lebih sehat dan keseimbangan ekosistem terjaga. Selain bermanfaat, keberadaan kima ini membuat terumbu karang di sekitar Taka Makassar menjadi lebih berwarna. :)

salah satu kima yang saya jumpai

Snorkeling atau scuba diving di Taka Makassar ini dijamin puas. Bagi yang ingin snorkeling, bisa mencari yang kedalamannya sekitar 3 hingga 5 meter. Terumbu karang di kedalaman ini sangat bagus dan sehat.


Spot Taka Makassar ini dekat sekali dengan manta poin, jadi kalau beruntung kamu bisa bertemu manta juga di sini. :). Senangkan.. hehehe

Happy travelling ya

sari :)







Posting Komentar