Patung Budha, spot menyelam di Nusa Penida



Bali seakan gak pernah kehabisan ide untuk menciptakan tempat-tempat wisata yang unik, sekaligus indah. Ini juga ditunjang oleh orang Bali yang sudah punya jiwa seni yang kental sejak kecil.

Siapa sangka, bagian laut yang kosong, tak menarik dan hampir tak ditumbuhi biota laut ini diubah menjadi tempat menyelam menarik sekaligus religius. Yaps, di dekat pulau Ceningan, antara pulau Lembongan dan Nusa Penida ada spot menyelam yang isinya patung Budha beserta stupa-stupa nya. Menarikkan??




visibilitinya lagi bagus nih
Sebenarnya spot meyelam patung Budha ini sudah lama dibuat. Namun karena saya yang kuper alias kurang pergaulan atau memang tempat ini gak terlalu terkenal, Jadi saya bener-bener baru tahu di Nusa Penida ada spot seperti ini. hahahaha...

 Menurut cerita guide kami, patung Budha beserta stupa-stupanya sudah ada sejak ia kecil, lebih dari 10 tahun yang lalu. Wajar saja memang bila patung-patung Budha ini ditanam sejak lama, sebab dilihat dari penampakannya yang sudah berlumut. Sebagian sudah ditumbuhi oleh anemon dan soft coral serta menjadi tempat bermain ikan-ikan.

Bahkan, kepala Budha ini sudah ditumbuhi sejenis anemon laut. Sehingga seolah-olah patung Budha ini memiliki rambut. hehehehe.... lucu ya... 

kepala patung yang ditumbuhi anemon. seperti rambut...


Patung Budha ini letaknya di dekat pulau Ceningan, antara pulau Lembongan dan Nusa Penida. Bila naik perahu dari Nusa lembongan, kita akan melewati spot ini. Nah mampirlah sejenak dan nikmati sensasi menyelam bersama patung Budha dan stupa-stupa nya. 


Patung Budha dan stupa ditanam di dasar laut


Kedalaman patung ini sekitar 7 meteran. Jadi patung Budha ini bisa dinikmati sambil menyelam bebas. Hilir mudik mengelilingi patung. Namun arus di sekitar spot ini sangat kencang. Sebaiknya jangan jauh-jauh dari kapal, karena bisa terbawa arus.

menyelam bersama Budha


Saya juga gak berani jauh-jauh dari kapal. Untung saja kapal menyediakan tali panjang. Jadi kalau habis menyelam dan kepermukaan, siap-siap meraih tali agar gak kebawa arus. seru juga tapi capek... hehehehe


scuba diving, berlindung di balik patung agar gak kebawa arus. arusnya kenceeng... 


 Nah, suami saya sengaja scuba diving di lokasi ini. katanya mau ngambil foto dari dasar supaya lebih bagus.



sudah banyak ikan hias yang bermain-main

stupa dan patung yang ditanam di bawah laut


hewan laut dan soft coral
 Karena kencanganya arus di sekitar spot ini, biasanya visibility atau jarak pandangnya jelek alias keruh. Tapi Alhamdulillah ya.. waktu menyelam di spot ini jarak pandang nya lumayan dan jelas.

Yuk nyobain nyelem di sini

sarie :)




Posting Komentar