Prajurit tanah liat penjaga KAISAR

prajurit tanah liat

Saya tercengang begitu masuk ke ruangan besar mirip hanggar pesawat. Setengah gak percaya, di tengah ruangan yang lantainya lebih rendah dari pinggir ruangan ada ribuan lebih prajurit yang terbuat dari tanah liat bejejer rapi bak pasukan yang siap tempur. Semua prajurit ini dibuat dengan sempurna seperti manusia namun dari tanah liat. Tiap prajurit  memiliki wajah yang berbeda dan tingginya sama dengan manusia kebanyakan.

Yah, ini adalah musium Terracota warriors, salah satu situs arkeologi bersejarah yang terdapat di Xi'an, Cina.




Seperti kata kebanyakan orang, tak lengkap rasanya berkunjung ke Cina bila belum ke tempat-tempat populer di sana. Selain tembok raksasa di Beijing, Musium Terracota Warriors di Xi'an ini adalah salah satu tempat wajib yang dikunjungi para turis.

Musium Terracota ini berada dipinggir kota Xi'an, sekitar 3 jam naik bus dari kota Xi'an. Bila ingin sewa kendaraan mungkin bisa lebih cepat, sekitar 2 jam. Nah kalau mau sewa mobil biayanya lebih mahal, sekitar 60 dolar Amerika untuk 6 jam. Ini sudah termasuk supir dan bensin :P

Musium ini sangat luas. Untuk masuk ke dalam cukup jauh. Di pintu depan ada loket yang menjual tiket masuk, yaitu 150 yuan. Kalau kurs yuan sekarang sekitar Rp 2.245, maka harga tiket masuk sekitar Rp 337 ribu. Wah lumayan mahal ya....



Musium ini dikelilingi taman yang luas, tertata rapi dan bunga-bunga cantik. Ada 3 gedung, yaitu gedung besar yang dalamnya mirip hanggar pesawat. Didalamnya banyak prajurit tanah liat disini. Kita bisa melihat-lihat ribuan prajurit teracota dari atas. Oh ya ketika mau masuk musium biasanya banyak yang menawarkan jasa guide. Biayanya sekitar 250 yuan. Lumayan mahal ya.. hehehe. Makanya saya memilih gak pakai guide saja... 




Musium Terracota ini sebenarnya bagian dari kompleks makam raja pada dinasti Qin. Petani-petani setempat lah yang pertama kali menemukan beberapa potongan prajurit tanah liat ini  pada tahun 1974. Kemudian dari temuan ini, penggalian diteruskan. Dan akhirnya terungkap adanya pasukan tanah liat dan kuda-kudanya. 




Setelah di teliti oleh ahli arkeologi, prajurit tanah liat dan kudanya ini telah terkubur sejak dinasti Qin, dibawah kekaisaran Qin Shi Huang sekitar 2.200 tahun yang lalu. Penemuan ini sangat penting bagi penggalian arkeologi di abad ke 20. Kemudian penggalian diperluas dan ditemukan lagi situs serupa, yang bila dijumlahnya luas situs ini sekitar  20 ribu meter persegi. Hingga kini, para arkeolog dari seluruh dunia masih melakukan penggalian dan penelitian situs bersejarah ini.
prajurit tanah liat berbaris rapi

setiap prajurit memiliki wajah tak sama
Hingga saat ini, dari hasil penggalian sudah ditemukan lebih dari 8 ribu prajurit dan kudanya, serta 100 lebih kereta kuda. Semua prajurit tanah liat ini dibuat seperti prajurit sungguhan. Satu prajurit dengan prajurit lain memiliki wajah berbeda. Para prajurit ini juga memiliki model rambut yang berbeda, pakaian yang berbeda dan posisi yang berbeda. Sehingga mudah untuk mengenali setiap prajurit serta tugas-tugasnya. Apakah mereka jenderal, prajurit biasa, kavaleri atau pasukan berkuda serta infanteri atau pasukan darat.

Dalam penggalian juga ditemukan 100 ribu lebih senjata perunggu, yang usianya lebih dari 2 ribu tahun. Namun dalam kondisi baik. Hal ini menunjukkan bahwa pada dinasti Qin atau 2 ribu tahun yang lalu masyarakatnya sudah mengenal teknologi persenjataan dari logam.


prajurit dan kudanya

puing-puing prajurit yang rusak

setiap prajurit punya wajah berbeda dan pakaian berbeda



apa ya artinya? dilarang masuk? hehehe

wajah tiap prajurit berbeda-beda


pasukan berkuda

Selain gedung yang besar, di musium Terracota ini ada 2 gedung lagi. Satu gedung yang agak kecil berisi hasil penemuan penggalian, diantaranya dua kereta untuk pertempuran yang terbuat dari perunggu bersama kuda-kudanya. Benda-benda ini ditemukan dari penggalian sebelah barat makam raja.  Karena keterbatasan teknologi, hanya sekitar seribu prajurit tanah liat dan kuda-kudanya yang dipamerkan di musium ini. Sisanya sengaja dilindungi agar tidak rusak.

kereta tempur dari perunggu dan kudanya


salah seorang petani yang menemukan prajurit tanah liat. 

Oh ya, jangan lupa untuk mampir ke gedung satu lagi. Di gedung ini dijual beraneka sovenir. Diantaranya berupa patung-patung tanah liat dalam bentuk mini. Atau patung yang terbuat dari perunggu. Bila ingin membeli video musium ini juga bisa dan anda bisa sekalian mendapat tanda tangan dari si petani yang menemukan situs bersejarah ini. Namun beli oleh-oleh disini harganya lebih mahal dibanding membeli di kota Xi'an. :)





bersama Sarah, berkunjung ke musium terracota disela tugas liputan ke xian.

Info tambahan Terra Cota Warrior Musium

Buka :
Maret hingga November dari jam 8.30 am- 5.00 pm
November sampai Maret dari jam 8.30 am - 4.30 pm

Transportasi :
bus nomer 306 dari stasiun kereta api langsung menuju musium. Harga tiket 5 yuan. Bus  beroperasi dari jam 8.00 am - 6.00 pm

Ada juga minibus dari stasiun langsung ke musium, tapi bus ini berangkat bila penumpang sudah penuh. Gak rekomen naik ini, karena jadwalnya gak pasti.

selamat menjelajah Xi'an :)

sarie







Posting Komentar