Penginapan pak Ali, desa Sawai.....feel like home :)


Selama di desa Sawai, kami bermalam di penginapan pak Ali. Satu-satunya penginapan di desa ini. Tempat menginap lain adalah Ora beach. Sekitar 10 menit dari sawai menggunakan perahu. Namun, menginap di Ora beach harus menguras kantong lebih dalam, sekitar 900 ribu rupiah permalam termasuk makan satu hari sebesar 250 ribu rupiah. Di penginapan pak Ali, kami dikenakan biaya 250 perorang ribu termasuk makan.







Penginapan pak Ali ini menyatu dengan perumahan penduduk, di teluk Sawai. Sehingga kita bisa menyatu dengan warga setempat dan melihat aktivitas mereka sehari -hari. Menurut saya ini sangat menarik....



Pak Ali membangun penginapannya diatas laut. Saat ini ada lima rumah kayu dengan pondasi beton. Setiap rumah rata rata memiliki enam kamar, dilengkapi dengan kamar mandi. Meski sederhana, setiap kamar sangat bersih, sehingga nyaman untuk bermalam disana.




Hal paling menyenangkan di penginapan ini adalah, semua karyawannya pak Ali (yang kebanyakan masih kerabatnya sendiri) ramah.


Penginapan pak Ali ini juga dikelilingi terumbu karang yang cukup bagus. Pak Ali sengaja menanam terumbu karang di sekitar penginapannya, bertahun-tahun yang lalu. Sekarang, terumbu karang ini menambah indah penginapan ini dan memancing tamu seperti saya untuk sering-sering berenang dan snorkeling di sekitar penginapan.

Pagi hari, menikmati matahari terbit di atas dermaga sambil minum kopi dan sarapan. wuaaah... rasanya tak terbayangkan. Setelah itu langsung nyebur ke laut, berenang atau snorkeling. Enaaaknya....



Agak siang, kami ikut tur yang disediakan di penginapan ini. Tur yang ditawarkan adalah  snorkeling di sekitaran Sawai, menyusuri sungai salawai, ke pulau raja hingga menikmati tebing-tebing tinggi.





Waktu liburan yang terbatas, membuat kami tak bisa menikmati hutan di taman nasional manusela. Pak Ali menawarkan tur untuk menikmati hutan dan burung-burung langka dari atas pohon dengan ketiggian sekitar 45 meter. wooow.......tak terbayangkan. Bahkan, kita bisa menginap diatas pohon. Namun biayanya memang cukup lumayan...



Penginapan pak Ali ini hampir tak pernah kosong. Tamu-tamu datang silih berganti. Apalagi di musim liburan. Namun jangan khawatir, meski penuh pak Ali tak pernah menolak kedatangan tamu. Ketika saya berkunjung ke penginapan ini, Ada turis asing yang sengaja tidur di dermaga, karena tak mendapat kamar.









selamat berlibur.....

sarie :)

Muhamad Ali dapat dihubungi di: 0821-97556442 atau 0821-11181137







Posting Komentar