Menuju Pulau Phi-Phi, Thailand Selatan



Perjalanan ke Phi-Phi island atau pulau Phi-Phi bisa ditempuh dengan jalur darat, laut dan udara. Karena pulau ini berada di Thailand Selatan dan cukup jauh dengan Ibukota Bangkok, saya dan suami memutuskan lewat jalur darat menuju Phuket, kemudian menyebrang dengan fery ke pulau Phi-Phi.

Melalui jalur darat memang lebih lama waktu tempuhnya, namun bila ingin menghemat uang hotel, kita bisa berangkat sore atau malam dan pagi hari sudah sampai Phuket. Lumayan kan..:)
Namun bila ingin lebih cepat, sebaiknya naik pesawat. Banyak maskapai berbiaya rendah yang menawarkan rute Bangkok-Phuket atau Bangkok-Krabi.




Sleeper bus


Bila ingin nyaman selama perjalanan ke Phuket, cobalah naik sleeper bus. Tarifnya tahun 2012 gak semahal sekarang. Tahun 2012, harganya dengan kurs rupiah sekitar 150 an ribu rupiah. Namun Sekarang saya cek di web site harganya sekitar 1.200 bath, atau sekitar 300 hingga 400 ribu. 

Naik bus ini memang nyaman sekaligus bisa tidur, ya namanya juga sleeper bus. Kebanyakan turis-turis Eropa atau Amerika naik bus ini. Kebetulan saat itu, turis yang berwajah asia hanya kami berdua. 

Sehari sebelum berangkat, kami memesan bus ini dari tempat menginap. Bus ini berangkat sekitar jam 7 malam. Sejak sore kami sudah dijemput dan menunggu di tempat yang sudah dijanjikan. Sekitar hampir jam 8 malam, bus datang dan kami bersiap untuk naik. Sleeper bus ini tingkat, dibagian bawah untuk meletakkan tas -tas milik penumpang, yang rata-rata besar-besar. Di atas, tempat duduk dan sekaligus tempat tidur. Karena tempat duduk bisa diatur seperti tempat tidur. 


Namun, bila ingin menggunakan bus biasa untuk ke Phuket bisa saja, dan tentu saja biayanya lebih murah. Harganya sekitar 700 an bath. Bila dikurs ke rupiah di atas 200 ribu.

pelabuhan Phuket


Perjalanan ke Phuket memakan waktu sekitar 12 jam. Jadi sekitar jam 8 pagi kami sampai di Phuket. Karena tujuan kami ke pulau Phi-Phi, jadi perjalanan dilanjutkan naik Fery. Dari kantor bus di Phuker, kami bersama beberapa orang turis diantar ke pelabuhan penyebrangan dari Phuket ke Phi-Phi.
Tiket Fery penyebrangan pun sudah langsung dibeli sejak dari Bangkok, sehingga sampai pelabuhan kami langsung menunggu ferry dan masuk. Memang lebih mudah bila semua sudah disiapkan dari Bangkok. Gak perlu repot membeli tiket di tempat tujuan.

Siang sekitar jam 10 pagi fery dari Phuket menuu Phi-Phi island. Selama perjalanan, kami disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pulau-pulau, tebing batu serta langit biru. Para turis berkulit putih umumnya enggan masuk ke dalam kapal. Mereka berkumpul di luar dan berjemur. 


Nah, kalau orang asia seperti kita, kebanyakan takut matahari, karena takut hitam. hehehehe.....


pulau-pulau kecil sekitar Thailand Selatan


perahun nelayan banyak dijumpai 

pemandangan dalam perjalanan ke phi-phi


Tengah hari kami sudah tiba di Phi-Phi island. Pulau ini sangat mencolok dari jauh, karena banyaknya kapal-kapal pesiar yang parkir di sekitar pulau dan tebing-tebing. Selain itu juga dari kejauhan sudah terlihat penginapan bertingkat-tingkat, yang dibangun di atas bukit.


Phi-phi island dan kapal 

pelabuhan phi-phi island, kecil tapi sangat memadai



Selamat datang di Phi-Phi Island, selamat berlibur...

sarie :)
Posting Komentar